Islam adalah agama yang mengajarkan mengenai keseimbangan dalam melakukan segala sesuai, termasuk didalamnya cara menjaga kesehatan tubuh. Sebagai wanita muslim, tentu makna menjaga tubuh, diet dan sejenisnya harus dilakukan dengan berlandaskan pada ajaran Islam. Lalu, bagaimana wanita Muslim bisa mencapai keseimbangan tubuhnya? 

Artikel ini akan menguraikan penerapan prinsip keseimbangan dalam menjaga tubuh bagi wanita muslim. Adapun prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut:

Tidak Berlebihan dalam Makanan dan Minuman

Wanita Muslim akan selalu merawat dan menjaga  tubuhnya dengan cara yang baik, mengutamakan kesehatan dan kekuatannya secara baik. Dia aktif, tidak lembek atau terlalu kasar. (Maka dia tidak memakan) dia makan cukup untuk menjaga kesehatan dan energinya.

Cara menjaga kesehatan tubuh semacam ini sesuai dengan bimbingan Allah dalam Al-Qur’an: … Makan dan minum, tetapi tidak berlebihan, karena Allah tidak mencintai orang-orang yang berlebihan? Al-Qur’an 7: 31.

Nabi saw juga menyarankan perilaku moderat dalam makanan dan minuman: “Tidak ada kapal yang lebih buruk bagi putra Adam untuk mengisi daripada perutnya, tetapi jika ia harus mengisinya, maka biarkan dia mengizinkan sepertiga perutnya untuk makanan, sepertiga untuk minum,dan sepertiga untuk udara. 

Wanita muslim memahami bahwa mukmin yang kuat lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah, seperti yang diajarkan Nabi saw, jadi dia selalu berusaha untuk memperkuat tubuhnya dengan cara gaya hidup sehat. Demikianlah cara menjaga kesehatan tubuh dalam pemikiran wanita muslim seharusnya.

Berolahraga Secara Teratur

Cara menjaga kesehatan tubuh yang diterapkan oleh wanita muslim berikutnya adalah dengan berolahraga. 

Wanita Muslim tidak lupa untuk mempertahankan fisiknya dan energi dengan mengikuti praktek-praktek sehat yang direkomendasikan oleh Islam. 

Tidak hanya itu, wanita muslim tidak hanya menerapkan cara diet sehat sebagaimana dimaksud di atas. Dia juga mengikuti program latihan terorganisir, sesuai dengan kondisi fisiknya, berat badan, usia dan status sosial. 

Latihan-latihan ini memberikan kelincahan tubuhnya, kecantikan, kesehatan yang baik, kekuatan dan kekebalan terhadap tubuhnya. Ini akan membuatnya lebih mampu melaksanakan tugas-tugasnya, dan lebih cocok untuk memenuhi perannya dalam hidup, apakah itu sebagai istri atau ibu, gadis muda atau wanita tua. Cara menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga secara teratur ini direkomendasikan oleh siapapun dan agama apapun.

Tubuh dan Pakaiannya Bersih 

Wanita Muslim yang benar-benar mengikuti ajaran Islam akan selalu menjadikan tubuh dan pakaiannya sangat bersih. Ini juga merupakan cara menjaga kesehatan tubuh yang dianjurkan Islam. Wanita muslim akan sering mandi, sesuai dengan ajaran Nabi saw, yang menyarankan umat Islam untuk mandi, terutama pada hari Jumat. Sebagaimana hadist “Mandilah pada hari Jumat dan cuci kepala Anda, bahkan jika Anda tidak berada dalam keadaan janabah, dan menggunakan parfum. ” Siapapun yang menghadiri shalat Jumat, pria atau wanita, harus mandi (mandi). 

Nabi saw menempatkan penekanan besar pada kebersihan dan mandi bahkan beberapa imam menyatakan bahwa mandi sebelum shalat Jumat adalah wajib. Kebersihan adalah salah satu persyaratan yang paling penting dari semua orang, terutama perempuan. Kebersihan membuat seorang wanita lebih disukai tidak hanya oleh suami, tetapi juga untuk wanita lain dan kerabatnya. Nabi saw benci melihat orang-orang keluar di depan umum mengenakan pakaian kotor ketika mereka mampu membersihkan mereka. Dia menaruh perhatian pada fakta bahwa Muslim harus selalu bersih, cerdas dan menyenangkan. Itulah cara menjaga kesehatan tubuh versi wanita Muslim.

Merawat Mulut dan Giginya

Wanita Muslim taat akan selalu merawat mulutnya, karena tidak ada yang harus mencium bau yang tidak menyenangkan yang datang dari itu. Ia melakukan ini dengan membersihkan giginya dengan siwak, sikat gigi, pasta gigi dan obat kumur setelah setiap kali makan. Wanita Muslim memeriksa giginya dan mengunjungi dokter gigi setidaknya setahun sekali, bahkan jika dia tidak merasakan sakit, untuk menjaga giginya tetap sehat dan kuat. Dia berkonsultasi dengan dokter otolaryngologists (telinga, hidung dan tenggorokan) jika perlu, sehingga nafasnya akan tetap bersih dan segar. Cara menjaga kesehatan tubuh ini, tidak diragukan lagi lebih cocok untuk seorang wanita manapun.

Merawat Rambutnya

Cara menjaga kesehatan tubuh berikutnya adalah dengan selalu merawat rambut. Nabi saw juga mengajarkan muslim untuk merawat rambut mereka, dan untuk membuatnya terlihat menarik dan indah, dalam batas-batas hukum Islam.

Nabi (saw) selalu memperhatikan penampilan orang-orang, dan beliau tidak pernah melihat seorang pria berpakaian berantakan dengan rambut berantakan kecuali mengkritiknya- lantaran mengabaikan dirinya sendiri. Jika ini adalah bagaimana Nabi (saw) mengajarkan laki-laki cara menjaga kesehatan tubuh dan mengurus diri mereka sendiri, maka demikian halnya yang berlaku kepada perempuan. Keindahan dan keanggunan lebih cocok bagi mereka, mereka adalah sosok yang yang laki-laki kepadanya mencari kenyamanan, ketenangan dan kebahagiaan dalam diri mereka! Hal ini jelas bagi wanita Muslim bahwa rambut adalah salah satu fitur yang paling penting dari kecantikan seorang wanita dan daya tarik. 

Penampilan Yang Baik

Tidak mengherankan bahwa wanita Muslim prihatin dengan pakaian dan penampilannya, tanpa terlalu ekstrim tentunya. Wanita Muslim menyajikan penampilan yang menyenangkan kepada suaminya, anak-anak, kerabat mahram dan wanita Muslim lainnya, dan orang-orang merasa nyaman dengannya. Cara menjaga kesehatan tubuh ini, sesuai dengan ajaran-ajaran Islam, yang meminta para pengikutnya untuk terlihat baik dengan cara-cara yang diizinkan. Katakanlah: Siapa yang melarang hiasan Allah yang telah diciptakan bagi para hamba-Nya? Al-Qur’an 32.

Muslim melakukan semua ini sesuai dengan cita-cita Islam moderasi, menghindari extremes baik berlebihan atau kelalaian: Mereka yang, ketika mereka mentasarufkan harta, tidak boros dan tidak kikir, tetapi diantara keduanya [keseimbangan].? (Al-Qur’an 25 : 67 ( Islam menginginkan para pengikutnya, untuk menonjol dalam pertemuan dengan cara yang menarik. Mengabaikan penampilan seseorang atas nama kekhusyukan dan kerendahan hati bukanlah bagian dari Islam. Nabi saw, yang merupakan lambang kekhusyukan dan kerendahan hati, tetap mengenakan pakaian yang layak dan menyajikan penampilan yang menyenangkan kepada keluarga dan sahabatnya. Beliau menganggap berpakaian baik dan tampak baik untuk menjadi rasa syukur atas nikmat Allah: “Allah suka melihat tanda-tanda karunia-Nya pada hamba-Nya. ” 

Peringatan

Selama cara menjaga kesehatan tubuh dan penampilan luar seseorang tidak terlalu ekstrem, maka itu adalah bagian dari keindahan bahwa Allah telah mengizinkan untuk hamba-hamba-Nya. Hai anak-anak Adam! Kenakan pakaian cantik Anda setiap saat dan tempat doa: makan dan minum: tetapi jangan berlebihan, karena Allah tidak mencintai pemborosan. 

Nabi (saw) bersabda tentang: “Lima hal adalah bagian dari fitrah: sunat, menghilangkan rambut kemaluan ,mencabut rambut dari ketiak ,memotong kuku ,dan pemangkasan kumis . ” Mengurus diri sendiri sesuai dengan fitrah ini adalah sesuatu yang didorong oleh Islam dan didukung oleh setiap orang akal sehat dan selera yang baik. 

Tentu tidak boleh terlalu ekstrem atau membuat tampilan dan menunjukkan keindahannya kepada siapa pun selain suaminya dan mahram. Wanita muslim tidak diperkenankan mengganggu keseimbangan yang merupakan dasar dari semua ajaran Islam. Wanita Muslim selalu berperilaku moderasi dalam segala hal , dan waspada untuk mencegah setiap orang dalam hidupnya dari mengambil alih dengan mengorbankan yang lain.

Dalam cara menjaga kesehatan tubuh hendaknya tidak boleh lupa bahwa Islam, yang mendorongnya untuk berpenampilan baik dalam batas-batas yang diizinkan. Selain itu, agama juga yang memperingatkan dia untuk berlaku ekstrim sehingga dia menjadi budak penampilannya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits mengatakan: “Celaka bagi budak dinar, dirham dan pakaian mewah beludru dan sutra! Jika ia diberikan, ia senang , dan jika ia tidak diberikan , ia menggerutu. 

Beberapa Fakta Muslim Modern

“Perempuan kita hari ini, banyak diantaranya telah berlebihan oleh model internasional sedemikian rupa sehingga seorang wanita kaya akan berganti pakaian lebih dari sekali dalam sehari. Mereka telah jatuh ke dalam perbudakan dan sebagai hasilnya , mereka terjebak dalam penderitaan yang tidak masuk akal. Diperbudak oleh pakaian yang terlalu mewah dan accessories . Wanita-wanita seperti itu telah menyimpang dari tujuan yang umat manusia diciptakan di dunia ini. Salah satu hal yang terburuk adalah banyak wanita Muslim modern telah jatuh ke dalam adalah kebiasaan memamerkan pakaian mahal di pesta pernikahan , yang telah menjadi fashion show di mana kompetisi ekstrem jauh melampaui alam akal sehat dan moderasi. 

Fenomena ini menjadi paling jelas ketika pengantin wanita sendiri memakai semua pakaiannya , yang mungkin sebanyak sepuluh jenis, satu demi satu: setiap kali dia berubah, dia keluar dan memamerkannya kepada wanita lain yang hadir, persis seperti model mode di Barat . Kebiasaan ini adalah sudah umum terjadi , bahwa mungkin ada wanita hadir yang secara finansial tidak mampu membeli pakaian tersebut, dan yang mungkin merasa tertekan dan cemburu , atau bahkan bermusuhan terhadap pengantin wanita dan keluarganya , dan orang-orang kaya lainnya . 

Hal ini tentu tidak terjadi jika pengantin lebih moderat, dan hanya mengenakan satu atau dua pakaian di pesta pernikahan mereka. Ini lebih baik daripada yang boros menunjukkan yang bertentangan dengan prinsip keseimbangan, semangat moderat Islam. 

Demikianlah seyogyanya cara menjaga kesehatan dan penampilan tubuh versi wanita Muslim. Pendapat ini semata adalah opini penulis pribadi, bila ada kekeliruan, maka itu merupakan kekurangan penulis.