Tafsir Ibnu Katsir

Kitab Tafsir Ibnu Katsir merupakan salah satu kitab yang dijadikan rujukan oleh cukup banyak ulama. Kitab ini cukup sering dijadikan referensi dalam penelitian-penelitian yang berkaitan dengan ilmu tafsir. Demikian halnya dalam bidang ekonomi, tafsir ibnu katsir juga sering dijadikan dasar dalam menafsirkan ayat-ayat misalnya, ayat riba, ayat tentang mudharabah dan lain sebagainya.

Biografi Ibnu Katsir

Kitab Tafsir Ibnu Katsir-Download Bagian 1

Ismail ibn Katsir (lahir sekitar 1300 dan meninggal tahun 1373) adalah seorang ulama Sunni yang sangat berpengaruh dari mazhab Syafi’i selama pemerintahan Mamluk di Suriah, seorang ahli tafsir (tafsir Alquran) dan faqīh (ahli fiqh ) serta sejarawan. Al-Hafiz Ibn Hajar Al-Asqalani berkata tentangnya, Ibnu Katsir memiliki ingatan yang baik, buku-bukunya menjadi populer selama hidupnya, dan orang-orang mendapat manfaat darinya. Salah satunya adalah Kitab Tafsir Ibnu Katsir.

Nama lengkapnya: Abū l-Fidāʾ Ismāʿīl ibn ʿUmar ibn Kasṯīr, dengan gelar kehormatan ʿImād ad-Dīn (pilar agama). Ia lahir di Mijdal, sebuah desa di pinggiran kota Busra, hingga timur Damaskus, Syria, sekitar tahun 701 H (1300/1 M), beliau berguru oleh Ibn Taymiyya dan Al-Dhahabi.

Kitab Tafsir Ibnu Katsir-Download Bagian 2

Setelah menyelesaikan studinya, ia memperoleh penunjukan resmi pertamanya pada tahun 1341, ketika ia bergabung dengan komisi inkuisitorial yang dibentuk untuk menentukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan bidang tertentu. Dia menikahi putri Al-Mizzi, salah satu cendekiawan Suriah terkemuka pada masa itu, yang memberinya akses ke para cendekiawan. Pada 1345 ia diangkat menjadi pengkhotbah (khatib) di sebuah masjid yang baru dibangun di Mizza, kota asal ayah mertuanya. Pada 1366, ia naik ke posisi pengasuh di Masjid Agung Damaskus.

Beliau meninggal pada bulan Februari 1373 (774 H) di Damaskus. Ia dimakamkan di samping gurunya Ibn Taymiyya.

Karya Ibnu Katsir

1. Tafsir Al-Quran

Kitab Tafsir Ibnu Katsir-Download Bagian 3

Ibn Katsir menulis kitab tafsir terkenal bernama Tafsir al-Qurʾān al-ʿAẓeem dengan pendekatan bil Ma’tsur. Yaitu penafsiran dengan menghubunkan Hadis atau ucapan Muhammad, dan ucapan sahabat dengan ayat-ayat Alquran, dalam penjelasannya. Kitab Ini dianggap sebagai ringkasan dari tafsir sebelumnya oleh at-Tabari, yakni Tafsir al-Tabari. Kitab Ini sangat populer di kalangan pemikiran Salafi, karena menggunakan hadits untuk menjelaskan setiap ayat dan surat Alquran. Kitab ini lebih dikenal dengan nama Kitab Tafsir Ibnu Katsir.

Kitab Tafsir Ibnu Katsir-Download Bagian 4

Sarjana Mesir Ahmad Muhammad Shakir (1892–1958) mensyarah Tafsir Ibn Katsir dengan nama ʿUmdat at-Tafsīr dalam lima volume yang diterbitkan selama 1956–1958.

Faḍāʾil al-Qurʾān dimaksudkan sebagai lampiran Tafsir. Kitab syarah in juga berisi sejarah tekstual singkat dari Alquran dan koleksinya setelah kematian Muhammad.

Kitab Tafsir Ibnu Katsir-Download Bagian 5

2. Hadist

Selain mengarang Kitab Tafsir Ibnu Katsir, beliau juga mengarang kitab Hadist. Kitab hadist pertama yang di karang oleh Ibnu Katsir adalah Kitab Al-Jāmi. Kitab ini berisi kumpulan teks Hadis yang ditujukan layaknya ensiklopedia. Kitab Ini disusun secara alfabetis berdasarkan nama rawi dari para sahabat Nabi.

Kitab Tafsir Ibnu Katsir-Download Bagian 6

Al-Baa’ith al-Hatheeth merupakan ringkasan dari Muqaddimah oleh Ibn al-Salah mengenai terminologi Hadits.

At-Takmil fi Ma`rifat Ath-Thiqat wa Ad-Du’afa wal Majdhil yang dikumpulkan oleh Ibn Katsir dari kitab-kitab kedua Syekh Al-Mizzi dan Adh-Dhahabi; Al-Kamal dan Mizan Al-Ftiddl. Dia menambahkan beberapa hal yang berkaitan dengan Al-Jarh dan At-Ta’dil.

Kitab Tafsir Ibnu Katsir-Download Bagian 7

3. Kitab Sejarah

Tidak hanya Kitab Tafsir Ibnu Katsir Saja. Al-Bidāya wa-n-nihāya karya Ibn Katsir “awal dan akhir” adalah salah satu karya historiografi Islam yang paling terkenal. Sedangkan mencakup sejarah “universal”, dari penciptaan dunia sampai akhir dunia dan eskatologi Islam. Isinya tentang kisah para Nabi dan bangsa-bangsa sebelumnya, Sejarah Nabi (kisah hidup) dan sejarah Islam hingga zamannya. Ia juga menambahkan buku Al-Fitan, tentang Tanda-tanda Kiamat. Nilai utamanya adalah detail politik di zaman Ibn Katsir sendiri. Kitab ini telah diedit beberapa kali, pertama di Kairo selama 1932-1939. 

Kitab Tafsir Ibnu Katsir-Download Bagian 8

Ibn Katsir juga menulis Al-Sira Al-Nabawiyya, tentang kehidupan Muhammad dan Qisas Al-Anbiya (“Kisah Para Nabi”) kumpulan cerita tentang berbagai Nabi Islam dan karakter Perjanjian Lama lainnya.

4. Karya Lainnya

Al-Hadi was-Sunan ft Ahadith Al-Masanid was-Sunan yang juga dikenal dengan, Jami` Al-Masanid. Dalam buku ini, Ibn Katsir mengumpulkan riwayat Imam Ahmad bin Hanbal, Al-Bazzar, Abu Ya’la Al-Mawsili, Ibn Abi Shaybah dan dari enam kumpulan Hadis: Dua Sahih [(Al-Bukhari dan Muslim) dan Empat Sunan [Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasai dan Ibn Majah]. Ibn Katsir membagi kitab ini berdasarkan kategori dalam bab-bab Fiqh. Tabaqat Ash-Syafi’iyah, Ibn Katsir memulai penjelasan tentang Sahih Al-Bukhari, tapi dia tidak menyelesaikannya. Dia mulai menulis volume besar tentang Ahkam (Hukum), tetapi hanya menyelesaikannya sampai ritual haji. Dia juga meringkas Al-Baihaqi ‘Al-Madkhal. Banyak dari buku-buku ini tidak dicetak. Ia juga menulis sebuah buku bernama Maulid tentang perayaan hari lahir Nabi saw. Ibn Katsir menulis referensi untuk Hadits Adillat At-Tanbih, dari sekolah Fiqh Syafi’i.

Demikianlah penjelasan mengenai Kitab Tafsir Ibnu Katsir dan Biografinya, silahkan download pada link-link yang telah disediakan di atas.