Produk kosmetik halal makin diminati oleh kalangan perempuan di Indonesia, bahkan non muslim pun juga turut serta menggunakan kosmetik yang berlabel halal ini. Pasalnya, dengan jaminan halal yang dimiliki hampir dipastikan keamanannya tidak ada bahan yang berbahaya bagi kesehatan kulit pengguna. 

Mengapa produk kosmetik halal ini kemudian lebih dipercaya keamanannya? Bahkan oleh non-muslim sekalipun? Untuk menjawab ini tentu Anda harus mengetahui makna dari kosmetik halal terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Arti Kosmetik Halal

Kosmetik halal dapat kita pahami sebagai sebuah produk yang terdapat label halal di deskripsinya atau sampulnya. Label halal menunjukkan bahwa produk tersebut setelah dilakukan audit secara detail oleh LPPOM MUI atau sekarang beralih ke LPH, dan tidak ditemukan adanya unsur haram baik dari segi bahan maupun cara memprosesnya hingga cara menjualnya.

Salah satu kriteria yang tidak bisa ditawar dalam proses audit halal adalah unsur thayyib (baik). Unsur ini bila dikaitkan dengan kosmetik, maka mengandung makna selain bahan yang digunakan halal, produk yang diaudit bermutu tinggi, baik untuk kesehatan kulit dan tidak membahayakan penggunanya.

Sampai di sini dapat disimpulkan bahwa arti kosmetik halal adalah produk kosmetik yang telah dilabeli halal dan telah dipastikan keamanannya oleh lembaga sertifikasi halal di Indonesia. Oleh karena itu, produk ini dapat dipertanggungjawabkan ketika digunakan.

Mengenal Ketentuan Kosmetik Berlabel Halal dari LPPOM MUI

Untuk lebih meyakinkan Anda, ulasan berikut ini akan memberikan gambaran yang lebih detail dan menjawab persoalan mengapa kosmetik halal diminati oleh semua kalangan. Tidak perlu panjang lebih berikut adalah ketentuan kosmetik berlabel halal LPPOM MUI.

1. Ketentuan Bahan

Bahan kosmetik tidak boleh berasal dari bahan haram seperti babi, darah, bangkai, khamr, binatang buas dan unsur dari manusia.

2. Bebas dari Bahan Najis

Pastikan juga kosmetik bebas dari bahan-bahan yang berkategori najis, yakni kotoran dan lainnya. Sebab, ketika shalat seseorang umumnya memakai kosmetik dan jika terbuat dari bahan najis ini menjadikan shalatnya tidak sah.

3. Dapat Diresapi Air

Pastikan juga bahwa kosmetik yang digunakan mampu menyerap air, jika tidak maka wudhu menjadi tidak sah.

Ketentuan kosmetik berlabel halal LPPOM MUI di atas adalah standar umum bagi produk kosmetik halal. Masih terdapat unsur lain yang akan diaudit oleh auditor halal mulai dari bahan, proses, hingga teknik penyimpanan.

Cara Membedakan Produk Make-up Halal & Non-halal

Setelah mengetahui ketentuan kosmetik berlabel halal LPPOM MUI, seharusnya Anda sudah dapat mengidentifikasi bagaimana cara membedakan produk Make-Up Halal & Non-Halal. Untuk mempermudah Anda berikut tips memilih kosmetik halal yang dapat Anda gunakan:

1. Lihat Deskripsi Bahannya

Sebelum membeli kosmetik, telitilah terlebih dahulu bahan-bahan yang digunakan, umumnya ini terdapat di bagian deskripsi produk. Anda juga perlu mencari informasi lain, baik dari internet atau dari rekan Anda mengenai bahan dasar dari kosmetik yang akan Anda beli. Pastikan tidak ada unsur najis dan bahan haram.

2. Telitilah Label Halal

Terkadang ada beberapa oknum pedagang demi mendapatkan konsumen menggunakan cara-cara yang tidak benar dengan membuat label halal palsu. Telitilah label halal yang dipasang, pastika ada kode labelnya, cek kode tersebut apakah benar-benar terdaftar atau tidak.

3. Cek Kandungan Alkohol

Dalam kosmetika alkohol tentu tidak mutlak dilarang, akan tetapi jika melebihi batasan, misalnya kandungannya sampai lebih dari 50% maka status nya bisa menjadi haram. Oleh karena itu, telitilah berapa besar kandungan alkohol dalam produk kosmetik yang akan Anda beli.

Itulah beberapa cara membedakan produk Make-Up Halal & Non-Halal. Semakin detail informasi yang Anda dapat, maka akan semakin jelas status kehalalan atau keharamannya. Dengan begitu Anda dapat mengetahui Daftar Produk Kosmetik Halal dan Aman Untukmu.

Daftar Kosmetik Halal di Indonesia yang Telah Disertifikasi MUI

Guna lebih mempermudah Anda dalam memilih kosmetik halal Indonesia berikut ini disediakan Daftar Kosmetik Halal di Indonesia yang Telah Disertifikasi MUI yang secara detail adalah sebagai berikut:

1. Wardah Kosmetik

Wardah merupakan brand kosmetik yang telah memperoleh label halal sejak lebih dari 30 tahun lalu tepatnya tahun 1998. Oleh karenanya, tidak heran bila brand ini dinyatakan sebagai pelapor dari produk kosmetik halal di Indonesia.

2. Sariayu

Meskipun baru saja mendapatkan label halal dari MUI pada 2012 lalu, brand kosmetik Sariayu ini ternyata mampu mendapatkan peringkat A dalam audit produk halal yang dilakukan LPPOM.

3. By Lizzie Parra

Produk baru dengan brand BLP Beauty ini meskipun baru memasuki periode ketiga, ternyata langsung meningkatkan kualitasnya dengan mendaftarkan dan mendapatkan label halal dari MUI.

4. Zoya Cosmetics

Sebagai brand yang sejak awal memang menyasar kalangan perempuan muslim ini, Zoya juga melebarkan sayapnya ke ranah kosmetik dan langsung mendapatkan label halal.

5. ESQA

Sebagai produk yang masuk dalam Sephora, ESQA juga merupakan brand yang telah memiliki sertifikasi halal dan mampu masuk dalam pasaran internasional.

6. Amara Kosmetik

Hal yang menarik dari Amara ini adalah label halal yang di dapat langsung dari Amerika. Artinya, produk ini telah diakui secara internasional mengenai kehalalannya.

7. L’Oreal

Produk kecantikan dan perawatan yang berasal dari wilayah Prancis ini juga memperluas pangsa pasarnya, salah satu strategi yang digunakan adalah dengan mendapatkan sertifikasi halal.

8. Beauty Story

Brand yang tergolong baru dengan produknya berupa lip matte dan blush on ini juga tidak mau kalah saing, brand ini sejak awal kemunculannya langsung mengajukan dan mendapat label halal dari MUI.

9. Make Over

Produk lokal dengan tampilan dan kesan layaknya produk asal luar negeri ini juga telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Sebagai brand yang sekeluarga dengan wardah dapat dipastikan bahwa make over telah bersertifikat halal.

10. Silkygirl

Brand yang masih cukup baru dengan produknya terkenalnya berupa Sebum Mineral Powder ini juga memiliki sertifikat dan label halal dari MUI. 

Itulah Daftar Kosmetik Halal di Indonesia yang Telah Disertifikasi MUI dan saat ini beredar di pasaran Indonesia. 

7 Rekomendasi Kosmetik Halal Berkualitas Low Budget

Dari 10 produk di atas tentu kadang Anda masih bingung mana produk yang harus dipilih, salah satu pertimbangan Anda tentu adalah budget. Oleh karena itu berikut ini dihadirkan 7 Rekomendasi Kosmetik Halal Dengan Harga Terjangkau, apa saja produknya? Berikut detailnya:

1. Wardah

Dengan bandrol harga di antara 23 ribuan sampai dengan 100 ribu saja, wardah menjadi produk kosmetik berlabel halal yang sangat terjangkau.

2. Zoya

Anda bisa mendapatkan produk kosmetik halal brand Zoya dengan hanya menyisihkan budget 150 saja, dan yang paling murah adalah 30 ribuan.

3. Make Over

Meskipun rasa internasional ternyata Kosmetik Halal Berkualitas Low Budget satu ini bisa Anda dapatkan dengan hanya membayar mulai 54 ribu saja.

4. Emina

Emina juga menjadi produk low budget yang telah bersertifikasi halal dengan harga yang sangat terjangkau yakni sekitar 30 – 200 saja.

5. Mazaya

Seharusnya Anda sudah tidak asing dengan brand ini, yakni brand kecantikan yang telah berdiri sejak 2014 lalu ini juga menawarkan harga yang murah untuk produknya yakni antara 30 -200 ribuan.

6. Purbasari

Produk kosmetik yang sudah cukup terkenal ini ternyata harganya sangat terjangkau yakni mulai harga 20 ribu hingga 200 ribuan.

7. Silkygirl

Produk termurah dari brand kosmetik halal di Indonesia adalah Silkygirl, Anda bisa mendapatkan produknya dengan hanya menyisihkan budget 25 ribu saja.

Itulah daftar Kosmetik Halal Berkualitas Low Budget Harga Terjangkau untuk Anda. Mana diantara produk tersebut yang merupakan langganan Anda?

Demikianlah ulasan mengenai cara memilih dan daftar produk halal yang beredar di Indonesia. Dengan ulasan ini semoga tidak menjadikan Anda salah pilih produk lagi ya!